Panduan Merawat dan Membersihkan Kasur Spring Bed Agar Tetap Awet

Pertalite Springbed – Meskipun Anda membeli spring bed berkualitas tentu saja jika tidak diimbangi dengan perawatan yang baik, bisa membuat spring bed menjadi tidak tahan lama. Memutuskan membeli kasur pegas untuk mendapatkan kenyamanan dan kualitas tidur yang baik ialah langkah yang ideal. Namun, Anda juga harus tahu bagaimana cara perawatan spring bed itu sendiri agar tetap nyaman dan awet digunakan.

Panduan Merawat dan Membersihkan Spring Bed Supaya Tetap Awet

Sayangnya masih banyak orang yang kurang memahami bagaimana cara merawat kasur spring bed. Sebab kebanyakan orang biasanya hanya langsung menggunakannya tanpa mengetahui cara merawatnya agar tetap awet. Maka dari itu, Kami di sini akan mengupas rahasianya. Ini dia cara perawatan kasur spring bed agar tetap awet dan berkualitas :

  1. Lepaskan Bagian Plastik Pembungkus

Seperti kita ketahui, kasur pegas yang baru Anda beli biasanya dilapisi plastik pembungkus, akan tetapi khusus bagi spring bed terbaru dan modern biasanya tidak dilapisi plastik. Jika ternyata spring bed yang Anda beli dilapisi plastik, sebaiknya segera melepaskannya.

Jadi jangan pernah beranggapan jika tidak melepas bagian plastik pembungkus kasur bisa membuatnya lebih tahan lama. Pada kenyataannya, plastik pembungkus justru membuat kasur tidak dapat ‘bernafas’. Aliran udara yang keluar masuk spring bed juga akan terganggu, imbasnya bisa saja spring bed Anda menjadi lebih mudah rusak.

  1. Lindungi Pegas Kasur Spring Bed

Setiap kasur pegas biasanya mempunyai per di bagian dalamnya, inilah yang menjadikan kasur lebih empuk dan nyaman. Maka dari itu, untuk merawat kasur spring bed ialah dengan merawat dan memperhatikan per atau pegas itu sendiri.

Adapun salah satu tips untuk merawat pegas pada spring bed ialah dengan mengruangi hentakan keras yang terjadi di atas permukaan spring bed. Anak-anak biasanya sangat gemar berlompat di atas permukaan kasur pegas. Jika Anda sudah memiliki anak, mungkin si kecil bisa dikondisikan supaya mereka tidak lagi berlompat di atas springbed berkualitas pertalite springbed

  1. Bersihkan Kasur Dengan Berkala

Dengan rutin membersihkan spring bed secara berkala bisa membantu Anda untuk mengurangi allergen dan debu. Penyedotan debu pada kasur springbed yang dilakukan secara teratur bisa memakai vacuum cleaner. Cara ini ialah paling mudah untuk merawat kasur spring bed. Namun, hati-hati ketika Anda ingin mencuci kasur saat terjadi tumpahan secara tidak sengaja. Sebab menjemur serat dan busa pada kasur menggunakan cairan pembersih yang dicampur air justru bisa merusak busa.

Namun jika kasur terkena suatu tumpahan cairan atau terkena noda, Anda bisa menegakkan posisi kasur spring bed terlebih dahulu, setelah itu bersihkan menggunakan air bersih yang disapukan ke bagian permukaan kasur yang sudah terkena noda tadi. Anda dapat membersihkannya memakai semprotan atau lap bersih, lalu gunakan sikat yang lembut memakai cairan pembersih sedikit saja.

Selain itu, untuk membersihkan spring bed Anda bisa memakai kain microfiber dengan sedikit air dingin yang disemprot.  Anda bisa memakai kain microfiber, simpan dan tekan kain pada bagian luar yang terkena noda sampai ke bagian dalam agar memastikan nodanya tak bertambah luas dan tak tersebar.

  1. Jauhkan dari Suhu Panas

Untuk merawat dan menjaga keawetan spring bed ialah dengan menghindari bagian permukaan kasur terhadap suhu panas. Sebab suhu panas justru bisa membuat permukaan pada spring bed lebih tipis hingga dapat merusak kualitas per/pegas. Jika Anda memiliki kebiasaan menyetrika pakaian di dalam kamar, bahkan di atas permukaan kasur, sebaiknya jangan melakukannya kembali.

  1. Jangan Duduk di Bagian Pinggir Kasur

Duduk di pinggir spring bed memang terasa nyaman, akan tetapi pada kenyataannya justru kebiasaan ini dapat membuat kasur spring bed lebih mudah rusak. Karena itu, cara paling mudah untuk merawat agar spring bed tetap awet ialah hindari duduk di sisi atau ujung kasur Anda.

  1. Merotasi Posisi Letak Spring Bed

Salah satu masalah yang sering terjadi pada spring bed ialah salah satu permukaan kasur yang tidak rata. Jika hal ini sudah terjadi, posisi tidur tentu saja menjadi tidak nyaman bahkan bisa memicu sakit pada area tulang punggung atau sakit leher.

Sebagai solusinya, Anda hanya harus melakukan rotasi posisi kasur spring bed tiap 1 bulan sekali. Solusi lainnya bisa dengan cara merotasi posisi Anda saat tidur. Dimana langkah ini dianggap lebih efektif dalam memberikan beban merata pada tiap bagian spring bed itu sendiri.

  1. Hindari dari Tumpahan Air

Tumpahan air di bagian atas permukaan spring bed justru bisa membuatnya lebih lembab, bahkan bisa-bisa berjamur. Maka dari itu, untuk merawat kasur spring bed paling mudah ialah dengan berhati-hati untuk menghindari spring bed dari tumpahan air ke bagian permukaannya. Jika terlanjur, Anda harus mengeringkannya segera.

  1. Kualitas Spring Bed

Sebelum Anda membeli spring bed, alangkah baiknya untuk memastikan kualitas pada komponen kasurnya lebih dahulu. Dimana spring bed berkualitas biasanya dapat menyangga tubuh secara sempurna dan tak membuat tubuh Anda tenggelam. Spring bed yang bisa menopang bobot tubuh sekaligus menyangga postur badan dengan baik terutama pada tulang punggung ialah pilihan yang ideal.

Itulah cara merawat spring bed berkualitas agar Anda bisa menggunakan kasur tersebut dalam jangka panjang. Jadi sebelum membeli kasur, penting sekali memilih kasur spring bed yang telah melewati lolos uji ultra fresh, karenanya spring bed tersebut bisa mencegah alergi. Memilih kasur spring bed serta melakukan perawatan yang benar pada spring bed bisa membantu Anda meningkatkan kualitas tidur lebih baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *